Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Filsafat Ilmu] Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan

ANALISIS BIDANG KEILMUAN YANG DITERAPKAN PADA PROSES PEMBUATAN PRODUK TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan
Analisis proses pembuatan media mobile learning
Setelah beberapa waktu yang aku aku berbagi tentang tugas mata kuliah filsafatku yang membahas tentang Tugas Menganalisis Artikel Jurnal Penelitian, yang agak sedikit membuatku pusing(padahal mah banget :v), terbitlah anugerah berupa tugas yang lain, yaitu tugas untuk menganalisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan.

Tapi dengan kerja keras (yang sekeras-kerasnya), dan di barengi dengan doa. Akhirnya selesailah tugas yang ke-banyak ini dengan sukacita. ya... walaupun udah kebuang satu kali sih, tapi tetep fight dan tidak mudah menyerah. (tuh kamu.. jangan mudah menyerah untuk mengejar apa yang kamu inginkan.. masa kalah sama tugas :p).

Berikut adalah Tugas analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan. Semoga bermanfaat :)

Mobile Learning tentang Simbiosis sebagai Media pembelajaran  untuk Siswa SD kelas 4

Proses pembuatan mobile learning simbiosis untuk jenjang kelas 4 SD

Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru  kurang menerapkan pembelajaran ataupun media pembelajaran berbasis ponsel(mobile learning) yang interaktif. Maka dari itu, pada proses pembelajaran masa kini di butuhkan prdouk/inovasi baru tentang aplikasi yang dapat membantu peserta didik pada saat proses pembelajran ataupun media pembelajaran berbasis ponsel(mobile learning). Media Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran ataupun media pembelajaran berbasis ponsel(mobile learning). Media pembelajaran ataupun media pembelajaran berbasis ponsel(mobile learning) sendiri memiliki arti salah satu sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Maka dari itu, aplikasi mobile learning ini di buat dengan ilmu psikologi yaitu dengan menyesuaikan pengguna yaitu kelas 4 SD, jadi mobile learning ini di buat dengan nuansa ceria yang sesuai dengan masa kecil. Penyampaian materi simbiosis pada mobile learning ini di sajikan secara singkat dan jelas, yang membuat mobile learning ini istimewa adalah dalam contoh simbiosis di visualisasikan dengan animasi gambar bergerak, dengan harapan pengguna dapat mudah memahami materi yang di sampaikan. Selain itu mobile learning simbiosis ini juga dilengkapi dengan karakter animasi yang dapat mencuri perhatian user/anak kecil, di mobile learning ini juga dilengkapi latihan yang dapat mengukur pemahaman user terhadap materi yang disampaikan, selain itu juga di lengkapi game puzzle yang dapat mengasah kemampuan berfikir pengguna.

Mobile learning ini juga di buat dengan prinsip ilmu komunikasi, yaitu prinsip pesan yang ada harus tersampaikan kepada pengguna. Menurut saya, penyampaian materi dalam mobile learning ini sudah lumayan jelas. Dengan di bantu animasi bergerak untuk menampilkan contoh, saya anggap sudah bagus dan saya rasa pesan yang ingin di sampaikan pembuat akan dengan mudah sampai ke pengguna.

Penggunaan Video anak ini juga menggunakan bidang ilmu teknologi dan infomasi karena penyebaran dari mobile learning ini untuk dapat diakses masyarakat luas pada laman resmi m-edukasi, penggunaan teknologi juga berpengaruh sehingga menghasilkan mobile learning yang menarik dan edukatif. Penggunaan bidang desain grafis berkaitan juga dengan penggunaan video ini, karena menyajikana perpaduan animasi, tata kelola suara dan penataan gambar sehingga mobile learning dapat menyampaikan materi kepada pengguna dengan mudah.

Identifikasi bidang keilmuan yang membantu atau berkontribusi pada aktivitas pengembangan/penggunaan/pengelolaan pada produk Teknologi Pendidikan Ini
Bidang Keilmuan :

1. Psikologi
Dalam proses pembuatan mobile learning ini menggunakan ilmu psikologi dengan menggunakan tampilan yang menarik untuk anak kecil. Pada umumnya, anak-anak lebih suka dengan media pembelajaran yang bersifat game dan memiliki tampilan yang bernuansa ceria. Maka dari itu, mobile learning ini di buat dengan nuansa ceria yang sesuai dengan masa kecil. Penyampaian materi simbiosis pada mobile learning ini di sajikan secara singkat dan jelas, yang membuat mobile learning ini istimewa adalah dalam contoh simbiosis di visualisasikan dengan animasi gambar bergerak, dengan harapan pengguna dapat mudah memahami materi yang di sampaikan.

2. Ilmu Komunikasi
Dalam proses pembuatan mobile learning ini menggunakan ilmu komunikasi, sehingga penyampaian materi dalam mobile learning ini sudah lumayan jelas dan bisa mudah di pahami. Dengan di bantu animasi bergerak untuk menampilkan contoh, saya anggap sudah bagus dan saya rasa pesan yang ingin di sampaikan pembuat akan dengan mudah sampai ke pengguna.

3. Ilmu Teknologi dan Informasi
Dalam pembuatan mobile learning ini juga berkaitan dengan ilmu teknologi dan informasi karena dalam mobile learning ini juga bisa dikategorikan sebagai inovasi teknologi modern dalam pembelajaran. Dalam hal pembuatan mobile learning ini menggunakan teknologi sebagai alat bantu serta proses menyampaikan informasi kepada pengguna. Sehingga mobile learning tersebut dapat memberikan pemahaman secara jelas serta disajikan dengan menarik. 

Berikut screenshoot dari aplikasi mobile learning simbiosis untuk kelas 4 SD :

Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan

Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan

Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan

Kunjungi juga ya :)
[DIARY] PARTY#2 II CERITANYA PERAYAAN(baca:penganiayaan) ULANG TAHUNKU YANG KE-18
Nah.. tadi itulah hasil dari segenap usaha ku. Dengan sekuat tenaga untuk dapat menghasilkan tugas di atas. Yah.. di tambah lagi dengan hadirnua dosen favorit di mata kuliah favorit. nah.. intinya seru deh :D (sebenernya arti dari favorit itu apa sih -_-)

Semoga Bermanfaat :)

Post a Comment for "[Filsafat Ilmu] Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan"